Artikel Fotografi

PEMOTRETAN DENGAN OBJEK PEMANDANGAN

Salsabila Riswina Putri
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Teknologi Pendidikan

ABSTRAK
Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, peranan fotografi menjadi
semakin luas. Perkembangan fotografi dimulai dengan penemuan kamera obscura yang hanya
digunakan untuk mengabadikan citra alam. Pengabadian citra alam tersebut dengan cara
menggambar, bukan memotret. Sekarang, fotografi juga telah mendukung berbagai ilmu pengetahuan
Tujuan dari pembuatan artikel ini adalah membantu menginformasikan mengenai  teknik fotografi dengan pemandangan sebagai  objeknya. Memotret pemandangan merupakan salah satu objek yang paling menarik untuk diambil gambarnya. Terkadang foto yang dihasilkan tidak sesuai dengan apa yang dilihat oleh mata sehingga diperlukan cara untuk memotret pemandangan dengan tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Yang terpenting dalam memotret pemandangan adalah harus memperhitungkan waktu yang tepat untuk mendapatkan foto pemandangan yang indah, mencari spot yang menarik, menggunakan sudut pengambilan foto yang baik, diantara banyak cara memotret foto yang bagus harus memiliki teknik fotografi yang baik dan feeling yang kuat.
Walaupun sebenarnya  tidak ada aturan yang kaku dalam fotografi, semua hanya berfungsi sebagai pemandu. Mengikuti teknik secara ketat malah akan membatasi gaya fotografi terutama jika mengambil objek yang kurang bisa diatur oleh manusia seperti pemandangan, hewan liar jika mengikuti teknik secara teratur akan menghasilkan foto yang tidak natural atau terkesan dibuat-buat. Untuk itu, berlatih untuk meningkatkan kreativitas memotret agar hasil maksimal.

Kata kunci : fotografi, landscape fotografi, metode pemotretan


PENDAHULUAN
           Fotografi adalah proses melukis atau mengambil objek dengan menggunakan media cahaya dan alat yang diperlukan. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya.

           Prinsip dari fotografi yaitu memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (disebut lensa).

            Berdasarkan sebuah sumber, tujuan dari fotografi jika dilihat dari bidang dan lapangan penerapan menjadi :
1. Penerangan, bertujuan untuk mendidik atau memungkinkan pengambilan keputusan yang benar.
2. Penemuan, untuk membuka lapangan pekerjaan baru, memperluas cakrawala dan pandangan intelektual, serta meningkatkan taraf hidup.
3. Hiburan untuk memunculkan kemungkinan sumber hiburan yang terbatas dan untuk kesenangan .

            Fotografi saat ini telah berkembang menjadi sebuah gaya hidup, hal ini dimulai semenjak munculnya era digital dan berkembangnya media sosial. Sudah banyak sekali tempat yang cocok untuk dijadikan tempat foto yang dapat diabadikan dengan pemandangan yang bagus.

            Salah satunya pemandangan yang berada di Puncak, Bogor. Banyak pemandangan yang asri dan bisa diabadikan di daerah tersebut. Selain dari pemandangan yang asri dan dapat diabadikan, dengan melihat pemandangan kita bisa belajar untuk dapat menghargai alam.


            Selain pemandangan, banyak juga objek yang bisa diabadikan seperti flora, fauna, orang, dan juga benda yang dapat melengkapkan unsur pemandangan sehinggga mendapat hasil foto yang maksimal.

                Berdasarkan uraian diatas, penulis mengambil judul  “Pemotretan dengan Objek Pemandangan”. Karena pemandangan sendiri dapat menyejukan pikiran, sehingga penulis dapat mengabadikannya

METODE DALAM PEMOTRETAN





Dalam pemotretan diatas ada metode yang digunakan, sebagai berikut :

ISO : 100
Secara definisi ISO adalah ukuran tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi setting ISO kita maka semakin sensitif sensor terhada cahaya.


Aperture : f/2.0
Aperture adalah bukaan diafragma lensa yang terdapat dalam lensa fotografi . Menurut Wikipedia, besaran bukaan diafragma atau aperture merupakan hasil pembagian dari panjang fokus lensa atau focal length dengan nilai aperture itu sendiri.

Menggunakan fokus statis

Teknik pengambilan foto : Bird Eye. Teknik Bird Eye (mata burung) merupakan teknik shooting dengan memposisikan juru kamera di atas ketinggian dalam merekam obyek. Hasilnya gambar yang tampak akan menunjukkan lingkungan sekitar lebih luas. Benda-benda lainnya di sekitar obyek juga akan tampak dalam ukuran kecil

Exposure time : 1/780. Kamera akan memilih bukaan terkecil (f-number besar) untuk mendapatkan foto yang tajam secara keseluruhan.

HASIL DAN BAHASAN
Seperti yang telah dijelaskan dalam metode dalam pemotretan dengan menggunakan ISO : 100, aperture : f/2.0, menggunakan foto statis, dengan teknik pengambilan foto Bird Eye, serta exposure time 1/780 akan menghasilkan resolusi foto sebesar 3456 x 3456, dan juga fie size sebesar 4.79 MB.

Dalam fotografi pemandangan, komposisi adalah kunci fotografi pemandangan. Mengingat foto pemandangan umumnya diambil dengan lensa bersudut lebar, mengetahui elemen mana yang perlu disertakan dalam bingkai dan di mana memosisikannya akan menentukan ke mana fotografer akan membawa penikmat fotografi berkelana.


Kamera dengan kapabilitas pencahayaan rendah,menjadikan mengambil gambar pemandangan malam yang menarik kenikmatan tersendiri. Akan tetapi, fotografer kadang kesulitan memfokus saat mengambil gambar subjek di dalam gelap.

Dalam mengambil foto pemandangan berfokuslah pada menemukan momen yang tepat dan belajar mengamati cahaya, dan yang paling penting, nikmati seluruh proses pembuatan gambar. Anda perlu banyak menunggu saat mengambil foto pemandangan, tetapi perhatian pada detail dan perubahan lingkunganlah yang penting juga untuk diperhatikan.

Intinya, tidak ada aturan yang kaku dalam fotografi, semua hanya berfungsi sebagai pemandu. Mengikutinya secara kaku malah akan membatasi gaya fotografi.



DAFTAR PUSTAKA

Apa Itu Aperture Pada Kamera Serta Fungsinya. https://techijau.com/aperture-kamera-adalah/. Diakses pada 25 Juni 2019


Fotografi, http://id.m.wikipedia.org/wiki/Fotografi. Diakses pada 25 Juni 2019.

Memahami Konsep ISO.Belfot.com/memahami-konsep-iso-pada-fotografi/. Diakses pada 25 Juni 2019

Teknik Pengambilan Gambar berdasarkan Besar dan Sudutnya. https://masbos.com/teknik-pengambilan-gambar/. Diakses pada 26 Juni 2019



Comments

Popular posts from this blog

Praktikum 4 Fotografi

About Me